TEMA 7 (BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU)
SUBTEMA 1 (BENDA HIDUP DAN TAK HIDUP DI SEKITAR KITA)
Tujuan : Siswa dapat membedakan benda hidup dan benda tak hidup di sekitar
Materi Pembelajaran 1
(gambar dari youtube)
Ada banyak benda di sekitar kita.
Ada benda hidup dan benda tak hidup.
Ada manusia, hewan, dan tumbuhan.
Ada juga pensil, penghapus, tas, dan benda lainnya.
Jika kalian menulis, benda apa yang kalian pakai?
Manusia juga merupakan benda.
Apa yang membedakan manusia dengan pensil?
Manusia dan pensil merupakan sama-sama benda.
Tetapi, manusia merupakan benda hidup.
Kita sebagai manusia termasuk makhluk hidup atau benda hidup.
Karena memiliki ciri-ciri dapat bernafas, bergerak, dan tumbuh.
Selain manusia, hewan dan tumbuhan juga merupakan benda hidup.
Kenapa hewan dan tumbuhan juga merupakan benda hidup?
Apakah pensil dan penghapus dapat bernafas dan tumbuh?
Pensil dan penghapus tidak dapat bernafas, tidak tumbuh, dan tidak bergerak dengan sendirinya.
Maka pensil dan penghapus termasuk benda tak hidup atau benda mati.
Benda-benda yang berada di sekitar kita, haruslah kita jaga dan pelihara dengan baik.
Gambar benda apakah di bawah ini?
Gambar benda di atas termasuk benda hidup atau benda tak hidup kah?
Gambar tersebut merupakan lambang negara Pancasila sila ke-4.
Apa bunyi sila ke-4 Pancasila?
Perhatikan dan tonton video di bawah ini.
(sumber dari youtube)
Setelah melihat video di atas, siswa diharapkan dapat menjawab latihan di bawah ini:
1. Sebutkan 5 contoh benda hidup di sekitarmu!
2. Sebutkan 5 contoh benda tak hidup di sekitarmu!
3. Jelaskan ciri-ciri makhluk hidup!
4. Jelaskan ciri-ciri benda tak hidup!
5. Jelaskan lambang dan bunyi sila ke-4 Pancasila!
(Jawaban bisa melalui tulis tangan di buku kuning/merah kemudian kirim melalui WA, bisa berbentuk dokumen, foto, dan email)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus