Selasa, 17 Maret 2020

KELAS 1 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 2

Kelas 1

TEMA 7 (BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU)
SUBTEMA 1 (BENDA HIDUP DAN TAK HIDUP DI SEKITAR KITA)

Tujuan : Siswa dapat membedakan benda hidup dan benda tak hidup di sekitar

Materi Pembelajaran 2

Siapa yang masih mengingat pembelajaran kemarin?
Apa yang kalian pelajari?
Masih ingatkah kalian ciri-ciri benda hidup dan ciri-ciri benda tak hidup?
Apa saja contoh benda hidup dan contoh benda tak hidup?
Jika kalian masih mengingatnya, berarti kalian sudah menjadi anak yang cerdas  ^^

Coba tebak gambar apa di bawah ini?
Hasil gambar untuk gambar bunga matahari
(gambar dari google)

Gambar di atas termasuk apa benda hidup atau benda mati?

Tumbuhan bunga matahari, bunga melati, pohon pisang, dan pohon kelapa merupakan contoh benda hidup.
Tumbuhan merupakan benda hidup karena dapat tumbuh, bernafas, dan bergerak.
Tumbuhan tidak dapat berpindah tempat sendiri.
Tetapi tumbuhan dapat bergerak mengikuti arah cahaya matahari.
Contohnya bunga matahari.
Jika matahari terbit maka bunga matahari akan mengikuti cahaya dari matahari dan menghadap ke arah timur.

Hasil gambar untuk gambar anak dan kucing lucu dan imut
(gambar dari google)

Gambar apa di atas?
Termasuk benda hidup atau benda tak hidup?


Ayu memiliki hewan peliharaan kucing.
Ayu sangat menyayangi kucingnya.
Setiap hari Ayu memberinya makan.
Kucing yang dipelihara Ayu dari kecil.
Sekarang kucingnya tumbuh besar.
Setiap hari Ayu dan kucingnya bermain bersama di rumah.
Kucing Ayu sangat aktif bergerak.
Ayu merawat kucingnya setiap hari.

Hasil gambar untuk gambar anak dan kucing lucu dan imut
(gambar dari google)

Kucing Ayu memiliki ciri-ciri bulu warna putih dan lebat.
Mata kucingnya berwarna biru.
Kucingnya memiliki empat kaki.
Kucing Ayu punya dua telinga.
Kucing Ayu memiliki ekor.
Kucing Ayu menggigit sebuah bola.

Setelah membaca di atas, siswa diharapkan dapat menjawab latihan di bawah ini:

1. Buatlah kalimat berdasarkan ciri-ciri benda pada gambar di bawah ini!
Hasil gambar untuk gambar sapi

2. Buatlah kalimat berdasarkan ciri-ciri benda pada gambar di bawah ini!
Hasil gambar untuk kursi

3. Dikte dan menulis di buku kalimat di bawah ini!
    Ayu memiliki hewan peliharaan kucing.
    Ayu sangat menyayangi kucingnya.
    Setiap hari Ayu memberinya makan.
    Kucing yang dipelihara Ayu dari kecil.
    Sekarang kucingnya tumbuh besar.
    Setiap hari Ayu dan kucingnya bermain bersama di rumah.
    Kucing Ayu sangat aktif bergerak.
    Ayu merawat kucingnya setiap hari.
    Kucing Ayu memiliki ciri-ciri bulu warna putih dan lebat.
    Mata kucingnya berwarna biru.
    Kucingnya memiliki empat kaki.
    Kucing Ayu punya dua telinga.
    Kucing Ayu memiliki ekor.
    Kucing Ayu menggigit sebuah bola.


(Jawaban bisa melalui tulis tangan di buku kuning/merah kemudian kirim melalui WA, bisa berbentuk dokumen, foto, dan email)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar