Rabu, 15 April 2020

KELAS 1 TEMA 8 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 DAN 4

TEMA 8 (PERISTIWA ALAM)
SUBTEMA 3 (PENGHUJAN)

Kegiatan Pembelajaran:
1. Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/situasi konkret.
2. Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.



MATERI PEMBELAJARAN:


Sejak Kapan Manusia Makan Tiga Kali Sehari, ya? #AkuBacaAkuTahu ...
(gambar dari google)


Anak-anak, kemarin kalian sudah belajar bagaimana aturan saat makan.
Sekarang ibu tanya, saat makan kita membutuhkan waktu sebentar atau waktu lama?

Saat makan, kita membutuhkan waktu lama.
Agar proses pencernaan makanan di tubuh dapat lancar.
Jika kita makan dengan waktu sebentar atau buru-buru, kita akan tersedak makanan dan menyebabkan sakit perut.
Anak-anak sebelum makan kita harus cuci tangan terlebih dahulu.


Sabun Cuci Tangan Cair dg Antiseptik Terbaik untuk Bunuh Kuman
(gambar dari google)

Ibu tanya, cuci tangan sebelum makan membutuhkan waktu sebentar atau waktu lama?

Saat cuci tangan sebelum makan, kita membutuhkan waktu sebentar.
Tetapi mencuci tangan tidak boleh tergesa-gesa.
Kita harus tetap mencuci tangan memakai sabun dengan benar.
Agar tangan kita bersih dan terhindar dari kuman dan penyakit.


Jadi anak-anak,
Waktu lama, artinya kita membutuhkan waktu yang banyak.
Waktu sebentar, artinya kita membutuhkan waktu yang sedikit.


Perhatikan gambar berikut!

anak anak bermain kincir angin untuk hari anak anak PNG grafik ...
(gambar dari google)

Evan membuat kincir angin dengan alat sederhana.
Evan membutuhkan waktu lama untuk membuat kincir angin.
Evan membuat kincir angin dari menonton video di bawah ini. (klik video)

(sumber dari youtube)

Lalu evan mempraktekkan cara membuat kincir angin dari video di atas.
Evan dibantu oleh orang tuanya membuat kincir angin.
Evan hanya mempunyai kertas putih, lem, gunting, pensil, rautan, dan penggaris.
Tetapi evan tidak mempunyai kertas origami dan jarum.
Ayah Evan mengganti bahannya menggunakan kertas putih, pensil yang tajam, dan lidi kecil.
Evan dibantu oleh Ayahnya membuat kincir angin menjadi lebih mudah.
Saat langkah terakhir, kincir angin Evan ditusuk dengan lidi kecil pada tiang kertas.
Sehingga kincir angin Evan sudah selesai dibuat.


Evan senang sekali.
Evan mengucapkan terima kasih kepada Ayahnya karena sudah membantu.
Ayah Evan memuji Evan.

Evan : Terima kasih Ayah sudah membantuku membuat kincir anginnya.
Ayah : Ya sama-sama, nak. Kamu hebat dan rajin membuat kincir anginnya.
Evan : Terima kasih, Ayah.




TUGAS PEMBELAJARAN:


1. Kelompokkan gambar di bawah ini berdasarkan kegiatan waku lama dan kegiatan waktu sebentar dengan tanda centang () dan buatlah kalimat kosa kata berdasarkan gambar!

(gambar dari google)



2. Buatlah kincir angin dengan alat sederhana seperti video di bawah! (Siswa dan kincir angin difoto saja dan mohon dampingan orang tua)
(sumber dari youtube)
     Bahan Alat Sederhana:
     1. Kertas Origami / Kertas putih ukuran segi empat.
     2. Gunting
     3. Lem
     4. Lidi kecil / Pensil tajam

      * Jangan menggunakan jarum, diganti dengan lidi kecil / pensil tajam.





(Jawaban bisa melalui tulis tangan di buku kuning/merah kemudian kirim melalui WA, bisa berbentuk dokumen, foto, dan email)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar