Rabu, 22 April 2020

KELAS 1 TEMA 8 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 5 DAN 6

KELAS 1 TEMA 8 SUBTEMA 4

TEMA 8 (PERISTIWA ALAM)
SUBTEMA 4 (BENCANA ALAM)

Kegiatan Pembelajaran:
1. Membandingkan suhu menggunakan situasi konkret.
2. Menyampaikan ungkapan kalimat permintaan tolong dan kalimat terima kasih.
3. Menjelaskan aktivitas air dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI PEMBELAJARAN:

Anak-anak kemarin kalian sudah membandingkan suhu benda. Hari ini kalian praktik percobaan suhu air.
Perhatikan petunjuk percobaan suhu air di bawah!
(sumber dari buku tema 8)



(sumber dari buku tema 8)
Edo ingin membuktikan mengukur suhu dengan tangan.
Edo akan melakukan percobaan suhu air.



Suhu dan Perubahan – IGA NUR AZIZAH
(gambar dari google)


Petunjuk Percobaan Suhu Air:

1. Siapkan 3 buah wadah dan tulis wadah A, B, dan C. 
    Diperbolehkan menggunakan gelas besar, mangkok atau baskom.
    Letakkan di lantai.

2. Ketiga wadah diisi dengan air yang berbeda.
    Wadah A isi dengan air hangat.
    Wadah B isi dengan air keran.
    Wadah C isi dengan air es atau air dingin.
(gambar dari buku tema 8)


3. Tolong masukan tangan kanan ke wadah A.
    Kemudian masukan tangan kiri ke wadah C.
    Lakukan selama 30 detik (dihitung sampai 30).
(gambar dari buku tema 8)

    a. Apa yang dirasakan oleh tangan kanan Edo ketika dimasukkan ke wadah A?
        ....................................................................................
    b. Apa yang dirasakan oleh tangan kiri Edo ketika dimasukkan ke wadah C?
        ....................................................................................


4. Setelah itu masukkan kedua tangan ke wadah B secara bersamaan.
(gambar dari buku tema 8)

     c. Apa yang dirasakan oleh kedua tangan kanan dan kiri Edo di wadah B?
        ....................................................................................


5. Kemudian Edo mengurutkan suhu air di semua wadah A, B, dan C.

    a. Urutan dari yang terpanas.
        Urutannya adalah wadah ..........., wadah ..........., dan wadah ...........

    b. Urutan dari yang terdingin.
        Urutannya adalah wadah ..........., wadah ..........., dan wadah ...........


(SUMBER DARI BUKU TEMA 8)


Tonton video di bawah ini agar kalian lebih mengerti (klik video dan dibimbing oleh orang tua)


(sumber dari youtube)



TUGAS PEMBELAJARAN:



1. Praktikkan percobaan suhu air sesuai dengan materi dan video di atas, minta tolong dibimbing oleh orang tua kalian! (divideokan dan tulis hasil percobaan suhu air)

    a. Apa yang dirasakan oleh tangan kanan ketika dimasukkan ke wadah A?
        ....................................................................................
    b. Apa yang dirasakan oleh tangan kiri ketika dimasukkan ke wadah C?
        ....................................................................................
    c. Apa yang dirasakan oleh kedua tangan kanan dan kiri di wadah B?
        ....................................................................................

    d. Urutan dari yang terpanas.
        Urutannya adalah wadah ..........., wadah ..........., dan wadah ...........

    e. Urutan dari yang terdingin.
        Urutannya adalah wadah ..........., wadah ..........., dan wadah ...........




2. Pergunakan dan praktikkan ungkapan kalimat permintaan tolong kalian kepada orang tua dengan bahasa sopan untuk membantu kalian mempraktikkan percobaan suhu air!




3. Pergunakan dan praktikkan ungkapan kalimat terima kasih kalian kepada orang tua dengan bahasa sopan karena sudah membantu kalian mempraktikkan percobaan suhu air!






(Jawaban bisa melalui tulis tangan di buku kuning/merah kemudian kirim melalui WA, bisa berbentuk dokumen, foto, dan email)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar